Bisnis Internasional


Bisnis Internasional

            Chouinard (1973) dalam Griffin (2004) mengatakan bahwa bisnis adalah orang-orang yang berfokus pada laba dan akhirnya akan terpuruk. Bisnis internasional adalah kegiatan bisnis yang melewati batasan negara. Ball, et all (2004) mengatakan bahwa bisnis internasional adalah kegiatan bisnis yang keluar dari wilayah suatu negara. Bisnis internasional dapat meningkatkan kinerja suatu perusahaan dengan membantu meningkatkan pada sektor pendapatan dan pengurangan beban di suatu perusahaan. Kegiatan umum untuk menjalankan bisnis internasional, meliputi menarik permintaan asing, memanfaatkan teknologi, menggunakan sumber daya yang murah dan sesuai, serta melakukan kegiatan bisnis secara internasional. Bisnis internasional tersebut mencakup perdagangan internasional dan pemasaran internasional.
            Perdagangan internasional adalah transaksi tradisional antar negara dengan cara ekspor dan impor. Perdagangan internasional dalam bahasa asing disebut sebagai international trade. Sattar (2017) mengatakan bahwa perdagangan internasional adalah transaksi bisnis yang dilakukan oleh suatu negara dengan negara lain. Perdagangan internasional memiliki kegiatan yang meliputi, melakukan ekspor barang atau jasa dan melakukan impor barang atau jasa. Dalam perdagangan internasional melakukan kegiatan ekspor barang atau jasa pada konteks perdagangan antar negara akan membuat neraca perdagangan suatu negara menjadi surplus atau devisit, bergantung pada barang atau jasa yang di ekspor. Inti dari perdagangan bisnis yaitu, sangat baik dilakukan oleh suatu negara dengan negara lain agar tercipta kesejahteraan yang merata.
            Pemasaran internasional adalah pemasaran barang atau jasa suatu perusahaan ke negara lain. Pemasaran internasional biasa disebut bisnis internasional. Transaksi bisnis internasional merupakan upaya untuk memasarkan hasil produksi ke luar negeri. Transaksi bisnis internasional dalam konteks pemasaran internasional dapat dilakukan dengan cara, ada sebuah perizinan, sebuah waralaba, ada sebuah kerja sama yang dilakukan, dan multinational corporation atau badan gabungan multinasional. Inti dari melakukan kegiatan pemasaran internasional yaitu, agar produksi barang atau jasa perusahaan suatu negara dapat diminati oleh perusahaan di negara lain.

Daftar Pustaka
Ball, Donald A. et all. 2004. Bisnis Internasional, edisi 12, buku 1. Jakarta: Salemba Empat.
Griffin, W. Ricky. 2004. Manajemen, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Sattar . 2017. Pengantar Bisnis. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahasa Inggris Bisnis Pertemuan 1

KEKUATAN KELEMAHAN PELUANG & ANCAMAN KOPERASI YANG AKAN DATANG

SIAPKAH KOPERASI MENGHADAPI ERA GLOBALISASI