Bisnis Internasional
Bisnis
Internasional
Chouinard (1973) dalam Griffin (2004) mengatakan bahwa bisnis adalah
orang-orang yang berfokus pada laba dan akhirnya akan terpuruk. Bisnis
internasional adalah kegiatan bisnis yang melewati batasan negara. Ball, et
all (2004) mengatakan bahwa bisnis internasional adalah kegiatan bisnis
yang keluar dari wilayah suatu negara. Bisnis internasional dapat meningkatkan
kinerja suatu perusahaan dengan membantu meningkatkan pada sektor pendapatan
dan pengurangan beban di suatu perusahaan. Kegiatan umum untuk menjalankan
bisnis internasional, meliputi menarik permintaan asing, memanfaatkan
teknologi, menggunakan sumber daya yang murah dan sesuai, serta melakukan
kegiatan bisnis secara internasional. Bisnis internasional tersebut mencakup
perdagangan internasional dan pemasaran internasional.
Perdagangan internasional adalah transaksi tradisional antar negara dengan cara
ekspor dan impor. Perdagangan internasional dalam bahasa asing disebut sebagai international trade. Sattar (2017)
mengatakan bahwa perdagangan internasional adalah transaksi bisnis yang
dilakukan oleh suatu negara dengan negara lain. Perdagangan internasional
memiliki kegiatan yang meliputi, melakukan ekspor barang atau jasa dan
melakukan impor barang atau jasa. Dalam perdagangan internasional melakukan
kegiatan ekspor barang atau jasa pada konteks perdagangan antar negara akan
membuat neraca perdagangan suatu negara menjadi surplus atau devisit,
bergantung pada barang atau jasa yang di ekspor. Inti dari perdagangan bisnis
yaitu, sangat baik dilakukan oleh suatu negara dengan negara lain agar tercipta
kesejahteraan yang merata.
Pemasaran internasional adalah pemasaran barang atau jasa suatu perusahaan ke
negara lain. Pemasaran internasional biasa disebut bisnis internasional. Transaksi
bisnis internasional merupakan upaya untuk memasarkan hasil produksi ke luar
negeri. Transaksi bisnis internasional dalam konteks pemasaran internasional
dapat dilakukan dengan cara, ada sebuah perizinan, sebuah waralaba, ada sebuah
kerja sama yang dilakukan, dan multinational
corporation atau badan gabungan multinasional. Inti dari melakukan kegiatan
pemasaran internasional yaitu, agar produksi barang atau jasa perusahaan suatu
negara dapat diminati oleh perusahaan di negara lain.
Daftar
Pustaka
Ball,
Donald A. et all. 2004. Bisnis Internasional, edisi 12, buku 1. Jakarta:
Salemba Empat.
Griffin,
W. Ricky. 2004. Manajemen, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Sattar
. 2017. Pengantar Bisnis. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Komentar
Posting Komentar