Manajemen Pemasaran

Manajemen Pemasaran

            Manajemen pemasaran adalah kegiatan analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian kegiatan suatu perusahaan agar dapat mencapai tujuan secara lebih efisien dan efektif. . Shinta (2011) mengatakan bahwa manajemen pemasaran adalah suatu usaha untuk merencanakan, mengimplementasikan (yang terdiri dari kegiatan mengorganisasikan, mengarahkan, mengkoordinir) serta mengawasi atau mengendalikan kegiatan pemasaran dalam suatu organisasi agar tercapai tujuan organisasi secara efisien dan efektif. Pemasaran memiliki peranan yang tidak hanya digunakan untuk penyampaian produk hingga ketangan konsumen, tetapi juga bagaimana produk tersebut dapat memberikan kepuasan kepada konsumen sehingga menghasilkan laba. Pemasaran harus memiliki sasaran. Shinta (2011) mengatakan bahwa sasaran dari pemasaran adalah menarik pelanggan baru dan menjanjikan nilai superior, menetapkan harga menarik, mendistribusikan produk dengan mudah, mempromosikan secara efektif serta mempertahankan pelanggan yang sudah ada dengan tetap memegang prinsip kepuasan pelanggan. Selain sasaran, ada pula rencana yang harus dimiliki dalam pemasaran.

            Rencana pemasaran adalah proses penentuan pendekatan komprehensih yang jelas kepada keinginan konsumen (Machfoedz, 2007). Rencana pemasaran yang perlu diperhatikan, yaitu riset pemasaran, riset penjualan, system informasi pemasaran, peramalan penjualan, rencana pemasaran, dan evaluasi.  Riset pemasaran dilakukan untuk proses mengidentifikasikan konsumen, produk, dan cara pembelian mereka. Riset penjualan dilakukan untuk keperluan promosi dan distribusi. Sistem informasi pemasaran digunakan untuk penghimpunan, analisis, penyimpanan, dan penyebaran informasi pemasaran. Peramalan penjualan digunakan  untuk mengoordinasikan keputusan pribadi. Rencana pemasaran digunakan untuk perumusan rencana dalam pencapaian tujuan. Evaluasi dilakukan untuk mengidentifikasikan dan menilai rencana pemasaran.

Daftar Pustaka
Machfoedz, Mahmud. 2007. PengantarBisnis Modern. Yogyakarta: Andi Offset.

Shinta, Agustina. 2011. ManajemenPemasaran. Malang: UniversitasBrawijaya Press (UB Press)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahasa Inggris Bisnis Pertemuan 1

KEKUATAN KELEMAHAN PELUANG & ANCAMAN KOPERASI YANG AKAN DATANG

SIAPKAH KOPERASI MENGHADAPI ERA GLOBALISASI